Kapal Baru Garda Maritim 7 Resmi Layani Rute Kupang-Larantuka

  • Bagikan
KMP Garda Maritim 7 melakukan pelayaran perdana rute Kupang-Larantuka.

Larantuka, detakpasifik.com – Perusahaan pelayaran PT Multiguna Maritim (MGM) meresmikan perjalanan perdana Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Garda Maritim 7 yang akan melayani pelayaran pulang-pergi rute Kupang-Larantuka, Kamis (21/10/2021). Kapal ini akan melayani masyarakat tiga kali seminggu, di hari Selasa, Kamis dan Minggu.

Direktur Utama Garda Maritim Nusa Tenggara Timur Yusak Benu mengatakan, kehadiran KMP Garda Maritim 7 akan mempersingkat waktu pelayaran penumpang tujuan Kupang-Larantuka atau sebaliknya yang memilih menggunakan transportasi laut.

“Kehadiran KMP Garda Maritim ini akan mempersingkat perjalanan masyarakat dari Kupang ke Larantuka atau sebaliknya yang memilih menggunakan transportasi laut,” katanya.

Klik dan baca juga:  Denyut Nadi Selatan Pasifik Perairan Sawu Bakal Kian Ramai

Peresmian yang dilakukan di Pelabuhan Waibalun, Larantuka itu turut dihadiri Forkopimda Kabupaten Flores Timur.

KMP Garda Maritim 7 ini, kata Yusak, diharapkan dapat menjawab keresahan masyarakat yang sering menunggu berhari-hari agar dapat melalui rute ini. Yusak menilai, Garda Maritim 7 juga akan mempermudah proses pengangkutan ikan tangkapan nelayan ke Kota Kupang.

“Kita sangat berharap KMP 7 ini dapat memberi keuntungan sendiri bagi nelayan di Larantuka yang hendak menjual hasil tangkapannya ke Kota Kupang,” kata Yusak.

KMP Garda Maritim 7 memulai pelayaran perdana rute Kupang-Larantuka.

Marten, salah satu pengusaha ikan di Dermaga Waibalun merasa bersyukur dengan kehadiran kapal baru itu. Dirinya tidak lagi merasa takut ikan yang dibeli dari nelayan mengalami risiko rusak karena lamanya waktu pengangkutan menuju Kota Kupang.

Klik dan baca juga:  Gunakan Heli Super Puma, Jokowi dan Gubernur NTT Terbang Ke Lembata

“Garda Maritim membuat kami diuntungkan karena ikan fresh akan lebih cepat sampai ke Kupang dan kami terhindar dari risiko ikan rusak karena perjalanan yang begitu lama,” ungkap Marten.

Kapal baru ini juga menjanjikan pelayanan yang maksimal kepada para penumpang. Khusus bagi sopir kendaraan, manajemen kapal akan menyiapkan tempat VIP. Di ruangan VIP, para sopir itu akan disuguhi kopi gratis.

Yusak Benu mengatakan, PT Garda Maritim juga berencana membuka pelayaran rute Larantuka-Lembata pada hari Sabtu, di saat tidak melayani rute Larantuka-Kupang.

Klik dan baca juga:  KMP Garda Maritim Buka Rute Kupang-Larantuka

“Kami mendengar keluhan dan masukan dari masyarakat bahwa terkadang bisa dua minggu lebih baru mendapatkan akses Lembata-Larantuka. Kami berharap bisa hadir untuk membantu mobilitas masyarakat dari dan ke Lembata,” kata Yusak sambil menambahkan, “armada baru Garda Maritim dalam waktu dekat akan tiba dari Kuching Malaysia ke NTT dan direncanakan menghubungkan pulau Timor, Flores dan Sumba sehingga diharapkan akan mendukung penuh program Gubernur NTT yaitu Ring of Beauty.” (dp)

  • Bagikan