Pemerintah NTT Buka Sekolah Tatap Muka 1 Mei 2021

images (6)
Foto: Republika.

Kupang, detakpasifik.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memastikan bakal memulai sekolah tatap muka pada 1 Mei 2021. Pembelajaran tatap muka ini lebih awal dari arahan Mendikbud-Ristek, Nadiem Makarim, yang menyatakan sekolah tatap muka dibuka pada 1 Juli 2021.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT, Linus Lusi mengatakan sekolah tatap muka akan dilakukan secara terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Selain itu, pembelajaran tatap muka ini hanya dilakukan oleh sekolah di luar wilayah kota. Sedangkan untuk sekolah di dalam kota, pembelajaran tatap muka akan dikaji kembali.

Klik dan baca juga:  Mengubah Pola Pikir Orang NTT Terhadap Sekolah

“Idealnya (pembelajaran tatap muka) untuk semua sekolah di NTT. Tetapi bagi sekolah-sekolah di kota besar masih dipertimbangkan,” kata Linus Lusi di Kupang, Kamis (29/4/2021).

Ia mengatakan, pembelajaran tatap muka di sekolah yang jauh dari perkotaan seperti yang telah ditentukan itu harus tetap dilakukan secara terbatas. Pihak sekolah juga diminta untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

Klik dan baca juga:  Prof Willi Toisuta: “Tidak Boleh Ada Anak yang Tidak Bersekolah di NTT”

“Saya kira sekolah yang jauh dari kota tidak jadi masalah mereka bisa sekolah tatap muka,” kata Linus.

Menurut Linus, dibukanya sekolah tatap muka di NTT pada 1 Mei 2021 itu sebagai prakondisi untuk melaksanakan arahan Kemendikbud-Ristek yang menyatakan sekolah tatap muka secara nasional dimulai pada 1 Juli 2021.

“Sehingga bisa bersama-sama melakukukan evaluasi dan prakondisi sesuai arahan Mendikbud-Ristek, Nadiem Makarim,” ungkapnya.

Klik dan baca juga:  Webinar Sema FKIP Unwira: Menimbang Strategi Pembelajaran Pascapandemi Covid-19

Linus menceritakan, Pemprov NTT saat ini tengah bekerjasama dengan laboratorium Universitas Nusa Cendana untuk menggalakkan program vaksinasi terhadap guru dan siswa-siswi di NTT.

 

(Chelni, Kristo)

Facebook Comments Box