Pedang Tentara ‘Perang Salib’ Berusia 900 Tahun Ditemukan di Lepas Pantai Utara Israel

616e716757b7c
Pedang milik tentara 'Perang Salib' yang ditemukan di lepas Pantai Utara Israel. (Foto: Reuters/BBC Indonesia).

Internasional – Sebuah pedang diyakini milik prajurit atau tentara ‘Perang Salib’ ditemukan di lepas Pantai Utara Israel. ‘Perang Salib’sendiri diketahui terjadi sekitar 900 tahun lalu, 1189-1192.

Pedang dengan ukuran satu meter itu ditemukan pertama kali oleh Shlomi Katzin, seorang penyelam amatir di negara itu.

Shlomi menemukan pedang itu saat ia menyelam di Pantai Carmel Mediterania. Saat ditemukan, pedang itu telah tertutup sepenuhnya oleh organisem laut. Shlomi menyerahkan temuannya itu kepada otoritas setempat.

IAA, lembaga otoritas barang antik Israel menyatakan akan mengumumkan temuan menakjubkan itu setelah dilakukan pembersihan dan penelitian.

“Pedang yang telah diawetkan dalam kondisi sempurna ini adalah penemuan yang indah dan langkah dan jelas ini milik seorang tentara dalam ‘Perang Salib’,” kata Inspektur Unit Pencegahan Perampokan IAA, Nir Distelfeld dikutip dari BBC Indonesia.

“Penemuan benda ini sangat menggugah, membawa Anda kembali ke 900 tahun yang lalu, ke era yang berbeda, melihat ksatria, baju zirah, dan pedang,” ucapnya.

Ilustrasi ‘Perang Salib’.

Pantai Carmel, tempat pedang itu ditemukan, selama berabad-abad menyediakan perlindungan alami bagi kapal yang menghadapi badai dan perairan tersebut. Ini dikatakan Kobi Sharvit, pimpinan unit arkeologi bawah laut IAA.

“Kondisi ala mini telah menarik banyak kapal dagang datang ke perairan ini selama berabad-abad dan akhirnya menyisakan temuan arkeologis yang beragam,” ujarnya.

Menurut Sharvit, timnya untuk saat ini menduga bahwa pedang itu milik seorang prajurit yang berasal dari komunitas ksatria yang menghuni kota kecil Atlit.

“Itu karena letak (penemuannya) tidak begitu jauh dari sana dan ini baru asumsi kami. Mengingat penelitian ini baru tahap awal, kami harus membersihkannya, memeriksanya dengan sinar X dan kemudian baru kami akan dapat beberapa informasi mengenai pedang itu.

“Mungkin ada nama yang tertera di pedangnya, mungkin ada pernak-pernik yang akan memberi kami informasi tambahan mengenai prajurit yang memiliki pedang indah itu,” lanjut Sharvit seperti dikutip BBC Indonesia dari Reuters.

‘Perang Salib’ merupakan sebutan untuk perang antara pasukan Katolik dan Islam. Perang pecah di abad pertengahan. (BBC/dp)

Facebook Comments Box