KMK St. Petrus Canisius MIPA FST Undana Gelar MPAB, Dorong Anggota Kritis dan Solutif

Anggota baru Angkatan 21.

Kupang, detakpasifik.com – Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) St. Petrus Canisius MIPA FST Universitas Nusa Cendana (Undana) telah sukses menyelenggarakan Masa Penerimaan Anggota Baru (MPAB) Angkatan ke-21 tahun 2023.

MPAB yang dilaksanakan pada tanggal 9-11 November di Oeleta, Kecamatan Alak, Kota Kupang itu mengusung tema “Meningkatkan Kader-kader yang Berpikir Kritis, Inovatif, dan Solutif dengan Semangat Fraternitas, Spiritualitas, dan Intelektualitas.”

KMK St. Petrus Canisius adalah wadah pembinaan iman Katolik di kampus Undana, yang beranggotakan mahasiswa dari Program Studi Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Program Studi Ilmu Komputer di Fakultas Sains dan Teknik (FST). KMK ini didirikan pada 21 Desember 2002.

Pendiri KMK St. Petrus Canisius, Nonato Sarmento, yang kini menjabat sebagai Ketua Bawaslu Provinsi NTT, dan Siprianus Dawan turut hadir dalam kegiatan ini. Selain itu, hadir juga para alumni, senior, dan badan pengurus aktif untuk mendukung proses kaderisasi.

Klik dan baca juga:  Survei: 77 Persen Masyarakat Puas Kinerja Pemerintah Kota Kupang

Kaum muda

Pater Markus OCD dalam misa pembukaan memberikan semangat bagi anggota baru. Pater mengatakan, kaum muda Katolik dianggap sebagai masa depan Gereja dan memiliki kontribusi penting, terutama dalam menghadapi perkembangan teknologi yang bisa memengaruhi mereka secara negatif.

“Keaktifan dan keterlibatan KMK memberikan kontribusi yang signifikan agar Gereja kokoh dan kuat. Lebih dari pada itu, menguatkan spiritualitas dan kualitas diri kita,” kata Pater Markus dalam khotbahnya.

Klik dan baca juga:  Rayakan Anniversary HIPMI Ke-50, BPC Kota Kupang Bagikan 50 Juta untuk Mahasiswa

Sekretaris Umum KMK, Archangela Zita Hardin dalam sambutan yang mewakili Ketua Umum menekankan pentingnya solidaritas, persaudaraan, dan persatuan di antara mahasiswa KMK. “Berharap anggota baru yang sudah dilantik ini mampu memupuk sikap solidaritas, rasa persaudaraan dan persatuan di kalangan mahasiswa KMK St. Petrus, serta membentuk tiga benang merah fraternitas, intelektualitas dan kekristenan yang merupakan tujuan KMK,” kata Zita, mahasiswa semester 7 pada Program Studi Ilmu Komputer FST Undana.

Ketua Panitia Pelaksana MPAB, Evarista S Kollo menyampaikan, kegiatan MPAB tahun diikuti oleh 63 anggota baru. Dari 63 anggota baru, 4 di antaranya beragama Kristen Protestan. Hal ini menunjukkan inklusivitas di tubuh KMK dalam proses pembinaan dan kaderisasi.

Klik dan baca juga:  Pandemi Covid-19 Membuka Peluang Pengembangan Digitalisasi Pelayanan Publik

“Ini adalah proses awal untuk meningkatkan kader inovatif dan solutif. Besar harapannya agar terlibat aktif dalam kegiatan selanjutnya,” pesan Evarista, mahasiswa semester 5 pada Program Studi Biologi FST Undana kepada anggota baru.

Pelaksanaan kegiatan MPAB dipenuhi penyampaian materi dan diskusi bersama. Materi yang dipelajari adalah materi yang tidak dapat di perkuliahan. Selain itu, diwarnai aneka lomba. Di antaranya lomba story telling, kuis kitab suci dan pidato.

 

(dp/stenli)

 

Facebook Comments Box