Kupang  

Danlanud El Tari Sambut Peserta Latihan Pitch Black Tahun 2022

whatsapp image 2022 08 19 at 19.45.12
Pesawat tempur F-16 Fighting Falcon.

Kupang, detakpasifik.com – Komandan Lanud El Tari Marsekal Pertama (Marsma) TNI Aldrin P. Mongan menyambut kedatangan beberapa pesawat tempur F-16 Fighting Falcon dan pesawat angkut Hercules di apron Lanud El Tari, Kupang Jumat (19/8/2022).

Kedatangan pesawat ini dalam rangka transit dan refueling. Selanjutnya berangkat ke Darwin, Australia untuk mengikuti latihan gabungan Pitch Black tahun 2022.

Danlanud El Tari saat menyambut kedatangan tim tersebut mengatakan bahwa Lanud El Tari sebagai pangkalan operasional selalu siap dalam menyiapkan dan melaksanakan dukungan operasi udara, pertahanan wilayah dan pembinaan potensi dirgantara.

Klik dan baca juga:  Pangkoopsud II Tinjau Bangfas dan Lahan untuk Budidaya Kelor di Lanud El Tari

whatsapp image 2022 08 19 at 19.45.10

“Dengan keikutsertaan Lanud El Tari dalam mendukung penerbangan peserta latihan Pitch Black, menjadi satu kebanggaan warga Lanud dan masyarakat sekitar yang berada di wilayah perbatasan yang dekat dengan Australia ini,” katanya.

Dia berharap, kegiatan latihan gabungan Pitch Black tahun 2022 di Darwin, Australia berjalan lancar, aman, dan dapat meningkatkan profesionalisme peserta latihan.

“Semoga selama kegiatan latihan di sana berjalan lancar dan aman, kembali ke tanah air dengan selamat dan profesionalisme para peserta latihan akan terasah,” kata Danlanud.

Klik dan baca juga:  Danlanud El Tari Dukung Kemajuan Olahraga Otomotif di NTT

Diketahui latihan Pitch Black ini adalah latihan perang bersama yang diselenggarakan oleh Angkatan Udara Australia.

Latihan perang ini bertujuan untuk melatih kemampuan bertempur secara Offensive Counter Air (OCA) dan Defensive Counter Air (DCA).

whatsapp image 2022 08 19 at 19.45.12 (1)

OCA adalah istilah militer untuk penindasan kekuatan udara militer musuh. Terutama melalui serangan darat yang menargetkan pangkalan udara musuh. Seperti, menghancurkan pesawat yang diparkir, landasan pacu, hanggar, fasilitas bahan bakar, dan fasilitas kontrol lalu lintas udara, dan lainnya.

Klik dan baca juga:  Danlanud El Tari Tutup TMMD ke-114 Sekaligus Tinjau Lokasi Paralayang di Alor

Sedangkan DCA berkaitan tindakan defensif yang dirancang untuk mendeteksi, mengidentifikasi, mencegat, dan menghancurkan kekuatan musuh yang mencoba menyerang.

 

(dp/kpl)

Facebook Comments Box